Senin, 11 Agustus 2014

EDISI LEBARAN 2014 #GROBAGAN

Gerobak atau pedati atau kereta adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi. Gerobak dapat ditarik oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing, zebu atau dapat pula ditarik oleh manusia. (sumber Wikipedia)

sebelum digunakan, Gerobak dihias terlebih dahulu

Gerobagan atau ramai2 pergi ke tempat wisata menggunakan Gerobak sudah tidak asing lagi di kampung saya, yaitu KEBUMEN tercinta, khususY untuk warga dusun Sangubanyu. Tempat wisata yang dituju adalan Pantai, karena kebetulan kampung sy dekat dengan pantai selatan. Gerobagan selalu diadakan setiap moment lebaran Idul Fitri, biasanya dilakukan H+2 sampai dengan H+7. Gerobagan sendiri sudah menjadi tradisi dari jaman dulu, jadi walaupun sekarang sudah jaman modern, sistem transporatsi sudah canggih, tradisi Grobagan masih tetap ada dikampung saya.Peserta Grobagan biasanya anak2 muda. Gerobak + kuda didapatkan dengan cara menyewa,sewa satu Gerobak beserta Kuda sekitar Rp. 1.500.000 ,- .Untuk biasa sewa dibayar dari hasil iuran para peserta Gerobagan, biasanya peserta dikenakan biaya 25.000/org. Selain itu panitia juga meminta sumbangan dari perantauan (warga desa yg pergi merantau).Sebelum digunakan Gerobak dihias terlebih dahulu biar menarik , untuk tahun ini Gerobak kampung saya mengangkat tema 'REGGE'. Para peserta Gerobagan kompak menggunakan kaos Regge .
Sebenarnya kapasitas untuk Gerobak sendiri hanya sekitar 15-20 orang, tapi jangan salah peserta Gerobagan bisa sampai 30-50 orang , jadi tidak semua naik ke atas Gerobak, hanya beberapa yang naik, sisanya mengikuti dengan lari-lari kecil dibelakang Gerobak.

sebagian peserta  berlari2 kecil dibelakang gerobak

pesta anak pantai


GROBAGAN LEBARAN 2013

warga kampung ikut maramaikan dengan pawai dibelakang Gerobak
anak REGE siap pesta dipantai Setrojenar (Pantai Selatan),,hahahahah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar